Tips Memilih Sepatu Olahraga

Wah sepatu olahraga ku kok sudah jebol? Hmm, mungkin Anda sering mengalami hal ini. Sepatu olahraga Anda baru dipakai beberapa kali sudah jebol. Mungkin Anda akan langsung menyalahkan sepatunya, mungkin kualitas atau desainnya yang mudah rusak. Padahal sepatu olahraga yang cepat jebol tidak hanya ikarenakan kualitasnya yang jelek, tapi Anda memang salah dalam memilih sepatu. Tips ini akan mengantarkan Anda bagaimana memilih sepatu olahraga yang baik dan cocok dengan kondisi Anda. Ada banyak hal yang mungkin perlu diikuti agar dalam memilih sepatu olahraga baru Anda tidak hanya terpatok pada kualitas bahan pembuatannya saja. Memilih sepatu hanya berdasarkan kualitas bahan, hanya akan menyiksa kaki Anda.

memilih-sepatu-olahraga

Tips Bagaimana Memilih Sepatu Olahraga

Kesalahan yang sering Anda lakukan ketika memilih sepatu olahraga

Beli Sepatu “Yang Penting Sepatu Olahraga”

“Sepatu olahraga sebelah mana ya?” tanya Anda kepada penjaga mall atau toko sepatu. Setelah ditunjukkan, Anda memilih satu sepatu dan membawanya ke kasir. Padahal Anda seharusnya tanya kepada diri Anda, olahraga apa yang akan Anda lakukan dengan sepatu ini. Sepatu olahraga mempunyai spesifikasi tertentu yang tidak bisa dipakai untuk semua jenis olahraga. kalau Anda akan berolahraga jogging ya belilah sepatu olahraga yang bisa dipakai untuk jogging.

Ketika Anda berencana membeli sepatu untuk lari, Anda harus memilih sepatu olahraga lari. Joe Puleo, penulis Running Anatomy menyatakan bahwa sepatu lari memiliki sol dan kepadatan yang sudah diperhitungkan stabilitas lateralnya, karena pada saat lari, kita tidak bergerak secara lateral. “Anda hanya bergerak maju, dan sepatu untuk lari dibuat untuk menyokong sekaligus memberikan stabilitas saat Anda menggerakkan kaki mengikuti siklus lari.

Untuk memilih sepatu olahraga jalan kaki diperlukan sepatu yang memiliki bagian tumit cukup keras dan ajek, dapat menyokong tumit dengan baik dan tidak terlalu mudah ditekuk. enting juga bahwa sepatu Anda adalah sepatu yang ringan. Sepatu yang erat hanya akan menambah beban gerakan Anda dalam berolahraga.

Sepatu Olahraga ya Untuk Olahraga

Mungkin karena saking cintanya, sepatu olahraga Anda, dipakai dalam semua kegiatan sehari-hari. Jangan begitu! Sepatu olahraga ya sepatu olah raga digunaan saat berolahraga. Sepatu olahraga akan mudah rusak bila digunakan untuk berdiri terlalu lama. Karena itu pastikan bahwa Anda mempunyai sepatu khusus untuk olahraga. Pisahkan sepatu yang Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari dengan sepatu yang Anda gunakan untuk berolahrga.

Sepatu-olahraga-garsel

Jangan Sok Tahu Tentang Sepatu Olahraga

Mencari sumber dan referensi adalah cara paling mudah dalam menentukan sepatu olahraga apa yang akan Anda pakai. Jangan merasa paling tahu akan sepatu yang terbaik untuk Anda. Datangah ke toko dengan ahlinya, bisa kolega, atau konsultan kesehatan Anda. Lebih praktis lagi, carilah toko yang menyediakan pelayanan untuk para pemula dengan barang-barang yang dikhususkan juga. Para penjaga tokonya akan membantu Anda untuk mengukur sepatu, mengevaluasi ukuran lengkung kaki, dan mencatat aktivitas atletis Anda. Dengan begini, Anda akan merasa sepatu yang Anda kenakan amat nyaman dan menyokong aktivitas Anda. Dan begitulah cara terbaik dalam memilih sepatu olahraga yang tepat bagi Anda.

Sepatu Olahraga Punya Masa Pakai

Bukan karena terlihat masih bagus Anda mempertahankan sepatu olehraga Anda untuk dipakai. Padahal sepatu yang terlihat masih baru pun bisa jadi sudah habis masa pakainya, atau kehilangan kegunaannya. Manfaat dan kegunaan sepatu olahraga ditentukan oleh kemampuannya untuk menyokong kaki, dan memberikan kenyamanan saat olehraga. Kesalahan terlambat mengganti sepatu bisa berakibat jelek pada tubuh Anda. Persendian, lutut, pinggul, dan punggung akan mudah sakit karena sepatu sudah tidak bisa menyokong kaki Anda.

Tips-memilih-sepatu-olahraga

Dalam ukuran matematis, seorang pelari disarankan untuk mengganti sepatunya setiap sudah pernah dipakai lebih dari 500 km. Jika Anda tak menghitung sudah berapa jauh Anda menggunakan sepatu itu, disarankan untuk mengganti sepatu setiap penggunaannya lebih dari 1 tahun jika jarang digunakan, dan gantilah setiap 6 bulan jika penggunaannya setiap hari demi kesehatan sendi-sendi dan kaki Anda. Sangat disarankan pula untuk rajin mengecek ukuran kaki Anda, karena ukuran kaki cenderung bertambah besar seiring bertambahnya usia. Sepatu olahraga yang setia menemani Anda berolah tubuh, terutama sepatu lari, akan kehilangan keseimbangan dan kemampuannya meredam getaran atau goncangan. Jika nekat terus dipakai hal ini beresiko menyebabkan cedera otot serta rasa sakit pada kaki pasca berolahraga.

Demikian tips mengenai cara memilih sepatu olahraga yang tepat untuk Anda. Anda dapat mencari pakar yang tepat untuk kebutuhan Anda dalam memilih sepatu, mulai dari pengukuran kaki, lengkung kaki, sampai pada pemilihan jenis dan bahan yang tepat untuk olahraga Anda. Semoga bermanfaat!