Tips Memilih Sepatu untuk Anak

Memilih sepatu anak – Ketika si kecil mulai menyenangi pakaian dan sepatu, tentu kita dengan segera akan membelikannya pakaian dan sepatu. Tapi bagaimana cara memilih sepatu yang pas untuk si kecil? Salah-salah kalau kita kurang hari-hati saat menentukan sepatu baru untuk si kecil, kakinya malah lecet. Tentu kita tidak ingin kan, kaki si kecil lecet atau bahkan terkilir karena kita salah membelikan sepatu. Untuk menghindari hal berbahaya dari sepatu untuk si kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita membelikan sepatu untuknya, tips memilih sepatu anak berikut ini setidaknya akan memberikan ide dan inspirasi saat Anda membeli sepatu anak.

memilih sepatu untuk anak

Saat membeli sepatu adalah saat-saat yang paling menantang, tapi pernahkah kita berpikir bahwa sepatu yang akan kita belikan nanti tidak berbahaya bagi si kecil? Paling-paling yang terbersit dalam otak kita adalah “apakah nanti sepatu ini cocok untuk si kecil”, atau “apakah nanti tidak membuat malu saat diajak ke pesta” dan lain-lain. Terkadang kita hanya memikirkan mode dan model yang cocok untuk si kecil, padahal yang paling perlu diperhatikan adalah masalah, kenyamanan dan kesehatan untuk si kecil ketika memakai sepatu baru. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang baik saat kita memilihkan sepatu anak untuk si kecil.

Kenyamanan Adalah Segalanya

Perhatian pertama saat kita memilih sepatu anak untuk si kecil adalah masalah kenyamanan. Untuk memastikan kenyamanan sepatu apabila dipakai si kecil, kita dapat melihat dari bahan pembuatannya. Pilih sepatu yang terbuat dari bahan yang lentur, bahannya tidak panas, dan tidak terlalu banyak menampilkan dekorasi yang bisa membuat kaki si kecil terbebani. Hindari sepatu dari bahan plastik keras, bahan ini sangat tidak nyaman dan mudah mengakibatkan lecet pada kaki.

Ukuran Sepatu Harus Pas

Ukur kaki si kecil! Jangan sampai ketika kita beli sepatu, hanya berdasarkan kira-kira. Sepatu yang terlalu sempit bisa membuat iritasi dan lecet. Sebaliknya sepatu yang kegedean lebih berbahaya karena dapat membuat si kecil mudah terjatuh dan terpeleset.

Hindari Bahan Sol Licin

Hak, sol atau alas sepatu tidak boleh dari bahan yang licin. Sebab, bayi dan balita mudah terpeleset, terutama saat berjalan di tempat yang licin atau berair. Belum lagi, si kecil biasanya suka dengan hal yang licin, karena ingin mencoba melesetkan kaki, malah-malah anak dapat terjerembab ke lantai karena bahan alas yang licin. Hal ini juga sangat berbahaya ketika anak diajak ke mall, kebanyakan ball berlantai licin. Ada banyak kasus anak terjantuh dari lantai tinggi mall karena masalah alas sepatu licin. Eskalator mall juga berbahaya bagi sepatu alas licin. Jadi, jelas sudah, bahwa alas sepatu licin sangat berbahaya bagi si anak.

Hindari Sepatu Berhak

Jangan hanya karena terlihat lebih cantik dengan sepatu berhak, Anda kemudian membelikan sepatu berhak untuk si kecil. Si kecil akan merasa keberatan dan berjalan dengan tidak seimbang. Karena si kecil adalah masa-masa berjalan awal, yang kemungkinan masih sering tidak seimbang, sepatu berhak dapat dengan mudah membuat anak terjatuh.

Kurangi Kelembaban Sepatu

Bahan sepatu yang kurang baik dapat menyebabkan lembab bagian dalamnya. Hal ini tidak baik, karena keringat si kecil tidak terserap dan mudah memunculkan kuman. Iritasi dan lecet juga sering diakibatkan oleh masalah kelembapan sepatu. Karena itu, gunakan sepatu yang memiliki bahan yang menyerap keringat. Kaki bayi dan balita mudah berkeringat, jadi pastikan ada ventilasi yang cukup pada sepatunya. Cara ini bisa menghindari ruam kaki.

Lubang Kaki Sepatu Jangan Terlalu Tinggi

sepatu boot anak warna pink

Sepatu yang berbentuk seperti sepatu boot yang mempunyai lubang kaki tinggi sangat tidak cocok untuk anak-anak. Anak akan mudah jatuh karena susah berjalan. Sepatu dengan lubang kaki tinggi dapat menyebabkan kaki sakit dan jalan terbatasi. Usahakan bagian pergelangan sepatu tidak terbuat dari bahan yang kaku supaya tidak menekan kaki si kecil. Sepatu dengan lubang tinggi dapat menekan betis terlalu kencang, ini bisa membuat si anak tidak nyaman, atau bahkan peredaran darah ke kaki tidak lancar karena betis dan pergelangan kaki terhimpit. Karena itu, sebaiknya orang tua menghindari sepatu boot anak. Kalaupun toh ingin juga membeli karena desainnya bagus, pastikan bahwa bahan sepatu adalah bahan yang lembut, tidak terlalu kencang, dan yang terpenting adalah mudah dicopot. Pilihlah yang ada releting panjanf sampai alas kaki, karena saat anak ingin pipis ini akan memudahkan orang tua dan anak untuk melepas sepatu.

Demikian tips mengenai cara memilih sepatu untuk anak. Dengan memberikan dan membelikan sepatu yang tepat untuk si kecil, ia akan menjadi nyaman saat memakainya. Kita juga dapat sedini mungkin menghindarkan anak dari bahaya yang disebabakan pemilihan sepatu yang tidak tepat.

2 thoughts on “Tips Memilih Sepatu untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>