Tips Rahasia Memilih Sepatu Wanita

Mengapa rahasia? Ya, karena ada beberapa memilih sepatu wanita yang terkadang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Meski sepertinya sederhana, memilih sepatu bagi wanita akan menjadi sulit kalau dihadapkan dengan munculnya produk sepatu baru yang berjumlah banyak dan indah-indah. Godaan untuk mengambil semuanya mungkin mencuat dalam pikiran, namun apa daya, tidak mungkin semua kita beli khan? Mungkin karena tidak bisa menahan godaan membeli sepatu baru yang bagus, tak jarang setelah dipakai, sepatu yang baru dibeli ternyata terasa tak nyaman, atau lebih parah, malah menyakitkan. Bagaimana cara menghindarinya? Ikuti tips rahasia wanita dalam memilih sepatu berikut.

tips dasar memilih sepatu baru

Membeli Sepatu Ketika Sore Hari

Pernahkah Anda berfikir atau tahu bahwa kaki Anda ketika sore hari cenderung lebih melebar (bengkak) daripada pagi harinya? Hmm, kalau belum, cobalah mengukurnya. :) Tentu saja tidak perlu diukur, berdasar pemikiran logis saja kita dapat membenarkannya, bahwa saat kaki telah berfungsi, berjalan, berlari selama sepagi dan sesiangan, pantas bukan kalau sedikit mengembang?

Gunakan Kaus Kaki atau Stoking Sehari-hari

Mengapa? ya tentu saja agar sama ukurannya. Jangan lepas kaus kaki ketika mencoba sepatu baru, karena mungkin Anda bisa tertipu karena ketika dibawa pulang, eh sepatunya kekecilan. Jangan mencobanya dengan kauskaki baru beli bersamaan dengan beli sepatu. Kecuali Anda sudah berkeputusan bahwa kaus kaki yang baru ini juga akan Anda gunakan sehari-hari. Sebaiknya ingat-ingat dulu berapa jumlah kauskaki yang akan Anda gunakan bergantian selama satu minggu. Ingat tebal tipisnya. Dengan demikian Anda tidak akan merasa kekecilan atau terlalu longgar ketika memakai sepatu dengan kauskaki harian Anda.

Rasakan Kenyamanan Sepatu Baru

Saat mencoba sepatu baru di toko sepatu, jangan pernah berfikir bahwa meski saat ini kekecilan sedikit nanti juga akan melar. Iya kalau sepatunya yang melar, kalau kaki ANda yang akan melar bagaimana? Tentu sepatu baru itu hanya akan bertahan beberapa minggu saja, setelahnya akan terbuang karena kekecilan. Karena itu merasakan kenyamanan sepatu saat pertamakali mencoba sepatu baru adalah hal wajib.

Panjang Lebarnya Bagaimana?

Mengukur sepatu agar terasa nyaman saat dipakai tentu harus mempertimbangkan panjang dan lebarnya. Seberapa panjang sepatu yang akan Anda beli harus disesuakan secara pasti sesuai dengan ukuran kaki Anda. Begitu pula mengenai lebar sepat. Jangan sampai kaki Anda lecet hanya karena memebli sepatu dengan ukuran yang kurang pertimbangan.

Bagaimana Memilih Sepatu Berhak Tinggi

Sebelum memastikan ukuran hak sepatu yang akan Anda beli, Anda harus mempertimbangkan berat badan Anda, karena hak sepatu menanggung proporsi terbesar dari berat tubuh Anda. Untuk memberikan kenyamanan maksimum, dibutuhkan hak sepatu yang bisa memberikan sokongan bagus. Biasanya ini didapatkan dari hak yang tebal dan lebar. Khususnya untuk para wanita, tinggi sepatu biasanya ditentukan dari gaya, bukan untuk kebutuhan dari kaki. Sebaiknya untuk pemakaian sehari-hari tinggi sepatu tidak lebih dari 4 cm.

Perhatikan Bagian tumit

Posisi dalam sepatu pada bagian tumit harus Anda coba dan rasakan bahwa bagian itu benar-benar dapat menahan Anda dari terpeleset saat berjalan. Karena itu jangan lupa mencobanya beberapa langkah maju mundur. Bentuk bagian dalamnya umumnya lebih menonjol sedikit.

Perhatikan Sol sepatu

Sol sepatu yang menjadi landasan sepatu Anda harus rata dan sedikit naik pada bagian bawah jempol kaki. Hal ini untuk mengantisipasi lantai licin. Sebaiknya Anda perhatikan bahan pembuatannya, sebisa mungkin mencari sepatu yang sol sepatunya ber bahan tahan lama.

Perhatikan Bagian atas sepatu

Sepatu yang kurang baik biasanya terbuat dari bahan imitasi bagian atasnya. Bila Anda menyayangi kaki bagian atas Anda, pastikan bahwa bahan atas sepatu terbuat dari bahan yang kuat hingga bisa benar-benar menahan bagian atas kaki Anda dari benturan maupun gesekan keras, tapi tetap lembut dan nyaman. Biasanya bahan yang baik adalah terbuat dari kulit sapi atau kain.

Jahitan Sepatu Jangan Membuat Lecet

Cek bagian jahitan sepatu, posisinya harus datar dan setara dengan kain atau lapisan dalam sepatu. Bagian jahitan yang kurang baik dan lebih menonjol dapat membuat iritasi dan lecet pada kulit. Jangan lupa juga bagian dalam belakang sepatu! Pada bagian ini umumnya lebih keras, sehingga penjahit yang teledor biasanya kurang memperhatikan posisi jahitan yang kasar. Pastikan bagian ini datar, halus dan nyaman ketika disentuh. Jahitan yang kasar dapat pula menyebabkan kaki bagian belakang Anda memar dan lecet.

Perhatikan Tali, Perekat dan Kancinganya

Karena sepatu didesain menjadi ketat ketika dikatupkan, maka asesoris penutup seperti tali, kancing dan velcro dapat merekatkan bagian atas yang terbuka. Agar Anda merasa puas dan nyaman dengan sepatu baru yang Anda beli, cek bahannya, jahitannya, kekuatannya. Bila Anda merasa jahitannya kasar, atau bahannya jelek, atau terlalu longgar meski sudah direkatkan, Anda bisa mengganti atau mencoba sepatu yang lain.

Demikin beberapa tips memilih sepatu wanita. Kenyamanan memakai sepatu adalah lebih utama daripada model, trend, maupun warna sepatu.